Warga Grabag tentunya sudah tidak asing lagi dengan kerajinan lokal logam kuningan. Ya kerajinan ini sudah banyak menjadi komoditas home industri, salah satunya kerajinan logam kuningan yang dimiliki oleh Rismiyanti (40) ini. Tepatnya di Dusun Tegalrandu RT 02 RW 01 Desa Grabag Kecamatan Grabag, Rismiyanti dan sang suami sudah menekuni usaha ini sejak tahun 2015.

Kala itu, Rismiyanti bekerja menjadi salah satu pegawai di pabrik pembuatan pigura kuningan di Desa Grabag. Dengan pengetahuan yang sudah didapatnya, wanita yang akrab disapa Yanti ini akhirnya membuka sendiri usahanya dengan dibantu oleh suaminya.  Produk yang menjadi andalannya hingga saat ini ialah hiasan dinding kuningan beraliran klasik.

Proses pembuatan

Ditemui di rumahnya, Rismiyanti menjelaskan panjang lebar mengenai proses pembuatan kerjainan kuningan tersebut. Tahap awal yang dilakukan yaitu melakukan penggoresan pada lempengan kuningan. Proses penggoresan ini  dilakukan oleh orang yang memiliki spesialisasi di bidangnya, yaitu spesialisasi pada pembuatan kaligrafi dan gambar. Tahap kedua, lempengan kuningan yang sudah digores dibaluri lem dan ditempelkan di triplek yang selanjutnya akan dilakukan pengetokan. Pada tahap ini membutuhkan kesabaran dan ketelitian sehingga gambar akan timbul.  Setelah selesai, kuningan dibersihkan menggunakan braso agar kelihatan mengkilap dan memunculkan warna asli kuningannya.

Proses yang paling lama dan paling sulit adalah pembingkaian yang terbuat dari kayu. Bingkai tersebut diberi ornamen menggunakan bahan gipsum yang telah dicetak menjadi ukiran-ukiran di bagian tengah maupun sudut bingkai.

Ciri khas produk

Berbagai ornamen hiasan bingkai di pasaran dapat ditemui bermacam modelnya. Kerajinan kuningan milik Yanti ini memiliki ciri khas pada penggunaan elemen pasir untuk memberikan kesan mewah pada bingkainya. Pasir yang digunakan pun berasal dari pasir Merapi yang diolah melalui proses pencucian dan pengeringan terlebih dahulu.

Jam digital kaligrafi menjadi produk unggulan

Produk kerajinan yang ditawarkan bermacam-macam, mulai dari seni kaligrafi sampai dengan gambar perjamuan. Yanti pun berupaya mengembangkan kreasi produknya, yang tadinya hanya berwarna kuning sekarang divariasi dengan berbagai warna. Kerajinan seni kaligrafi kuningan yang dipadu padankan dengan jam digital menjadi produk unggulannya. Untuk produk yang satu ini, Yanti banyak mendapatkan pesanan untuk digunakan di masjid-masjid. Harga yang ditawarkan bervariasi tergantung ukuran, warna, dan permintaan. Konsumen dapat menyesuaikan dengan budget yang dimiliki, yaitu mulai dari 600.000-800.000 untuk pesanan model yang sudah tersedia di katalog. Sedangkan untuk permintaan khusus dikenakan tambahan.

Jangkauan Pasar

Menjalankan bisnis pastinya membuat Yanti melewati banyak tantangan. Salah satunya dari segi pemasaran. Pemasaran pertamanya kala itu dimulai dari saudara nya di Jawa Barat. Lambat laun, dari mulut ke mulut semakin banyak orang yang mengetahui. Saat ini pemasarannya sudah merambah berbagai kota di Luar Jawa. Bekerjasama dengan pihak ekspedisi, setiap bulannya Yanti mampu memproduksi kerajinan kuningan ini sebanyak 50 bingkai.

 

Rizkyta Gallery

Alamat :

Dusun Tegalrandu RT 02/01 Desa Grabag Kec. Grabag Magelang

Telepon :

085799740552