Mendengar kata keripik tentunya kita bisa langsung menebak jenis makanan seperti apa itu. Apalagi saat ini sudah banyak aneka olahan makanan yang dimanfaatkan menjadi makanan ringan keripik ini, salah satunya yaitu keripik usus. Kita akan dengan mudah menemukan makanan yang satu ini di pasaran. Namun jika Anda berkunjung ke Grabag tepatnya di Dusun Wiyono RT 03 RW 02 , Anda akan menemukan keripik usus yang berbeda dari yang lainnya.

Pertama kali mencicipi keripik usus ini, kesan yang pertama muncul yaitu rasanya yang gurih dari rasa bawangnya dan teksturnya langsung terasa kres ketika dikunyah di mulut. Dengan baluran tepung yang tebal serta tidak berminyak, keripik usus ini sangat cocok untuk camilan sehari-hari. Tak hanya itu, camilan ini juga cocok untuk dimakan bersama nasi sebagai pengganti lauk.

Umam Mahfuri (36 tahun), sang pemilik keripik usus ini sudah menggeluti usahanya ini dari tahun 2017. Dengan bermodalkan usaha keras, keripik usus Umam Mahfuri ini menjadi salah satu makanan khas oleh-oleh yang banyak diminati. Keripik usus ALIFYA yang sudah terdaftar di Dinas Kesehatan ini sudah masuk di etalase toko pusat oleh-oleh di Magelang dan Sleman. Secara kualitas dan kebersihannya sudah tidak diragukan lagi, terlebih Umam memberikan harga untuk keripiknya ini juga relatif murah. Keripik usus yang dijualnya ini disediakan dengan berbagai macam ukuran kemasan, mulai dari kemasan 250 gram sampai dengan 1000 gram. Untuk kemasan kecil, Umam memberikan harga Rp 17.000, sedangkan untuk per kilonya seharga Rp 60.000.

Dibantu dengan istrinya dan dua orang pegawai, usaha rumahan milik Umam ini tidak luput dari tantangan. Berkali-kali Umam mencoba membuat resep keripik usus ini hingga akhirnya Umam memperoleh rasa dan kualitas yang diinginkan. Saat ini pembeli yang menginginkan produknya selain di toko oleh-oleh maupun untuk konsumsi sendiri, juga diminati oleh pedagang-pedagang pasar maupun pengecer untuk dijual kembali. “Ada teman yang juga sudah memasarkan sampai ke Hongkong. Biasanya saya menerima orderan beberapa hari sebelum dibawa ke sana”, imbuhnya ketika ditemui di kediamannya.

Umam juga menjelaskan bahwa keripik ususnya ini dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama, yaitu sekitar 3 bulan. Jadi produk ini aman untuk didistribusikan di luar kota maupun di Luar Negeri. “ Kami juga mengemas keripik ini dengan kemasan yang berkualitas sehingga tidak akan mengubah rasa dan kerenyahan keripik,” imbuhnya.

 

 

Info Pemesanan :
Keripik Usus ALIFYA
Dusun Wiyono RT 03 RW 02
Desa Grabag Kec. Grabag Kab. Magelang
Telepone : 0858 6978 8863